Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Ketika kita dihadapkan dengan permasalahan anak, terlebih bagi mereka ibu-ibu muda tentu saja perasaan bingung akan menyelimuti. Masalah yang sering ditemui di masyarakat kita adalah mengenai anak yang susah makan. Ketika usia anak beranjak 6 bulan, si ibu sudah harus mengenalkan jenis makanan yang baik untuk buah hati. Bubur serta nasi tim bisa anda berikan sebagai asupan makanan untuk anak.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Nafsu makan anak pastinya akan besar diawalnya. Akan tetapi, seiring bertambah usia si anak, masalah pun datang seperti nafsu makan yang semakin sulit. Nah, apa yang harus dilakukan orang tua ketika melihat anaknya susah untuk makan. Disini, Ari Blog akan memberikan sedikit masukan mengenai cara mengatasi anak susah makan. Ketika anak memasuki usia produktif, mereka lebih senang melakukan hal-hal baru yang ada disekitar dari pada makan. Untuk itu, kita harus pintar-pintar mensiasati agar dengan baik.

Cari Tau Penyebabnya

Ketika seorang ibu melihat anaknya susah makan, tentu saja harus lebih peka dengan kondisi anaknya tersebut. Ketika hal tersebut terjadi, maka sang bunda harus mencari tahu apa penyebab dari si kecil susah makan. Banyak hal yang menyebabkan faktor tersebut, seperti kondisi kurang enak banda, atau mungkin pola makan si kecil yang kurang benar. Masalah psikis yang dialami oleh buah hati juga menjadi salah satu penyebabnya. Dengan banyak mengetahui hal tersebut, penanganan orang tua pun akan bisa lebih maksimal.

Sajikan Makanan Variasi Baru

Sebagai seorang ibu, anda harus memiliki alternatif lain ketika sang buah hati susah untuk makan. Cobalah untuk memberikan makanan variasi baru yang menarik untuk anak anda. Karena, seorang anak akan tertarik dengan suatu hal yang baru yang belum pernah ia lihat ataupun makan. Sajikan secara bertahap menu baru tersebut kepada anak anda.

Buat Sajian Makanan Si kecil Menarik

Ketika seorang anak merasa bosan dan jenuh dengan sajian makanan mereka setiap hari, anda sebagai orang tua harus bisa mengakali dalam memberikan sajian makanan untuk buah hati menjadi lebih menarik. Bisa saja anda menyajikan makanan dengan bentuk karakter kartun kesukaan buah hati anda.

Jadikan Saat Makan adalah Saat Yang Menyenangkan dan Nyaman

Cobalah mengatur suasana sedemikian rupa agar lebih menyenangkan bagi buah hati ketika mereka susah makan. Hal ini dilakukan agar si anak merasa senang dan menantikan waktu untuk makan. Misalnya sambil jalan-jalan anda memberi makan kepada anak. Ini juga mempengaruhi pola makan si anak tersebut.

Libatkan Anak-Anak dalam Mempersiapkan Menu Makannya

Si anak biasanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Sehingga, cobalah untuk mengajak anak tersebut untuk membuat sajian makanan yang akan mereka makan. Secara psikologis, ini mampu membuat anak anda akan merasa nyaman ketika memakan sajian makanan mereka. Dan dampak dari kegiatan tersebut mampu menambah nafsu makan anak anda.
Ketika trik sehat diatas sudah mampu berjalan, dipastikan perkembangan anak anda akan berjalan dengan baik. Namun, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika mengasuh anda terlebih berhubungan dengan asupan makanan. Dibawah ini adalah hal yang kurang baik anda lakukan kepada anak yang akan mempengaruhi psikologis anak anda :

Hindari Memaksa Anak Makan

Semakin dewasa anak, semakin besar pula hal-hal baru yang mereka ketahui. Sehingga hal ini mempengaruhi asupan makanan anak. Sebagai orang tua terlebih ibu, harus lebih teliti lagi mengenai jenis makanan yang akan di konsumsi anak anda. Jadi, hindari untuk memaksa anak anda untuk memakan apa yang kurang mereka sukai, karena anak itu sendiri juga memiliki hak untuk menentukan apa yang mereka sukai.

Hindari Memberi Makan Sembari Memutar Acara TV

Biasanya orangtua mau santai dan tidak ingin repot-repot membangun suasanya yang menyenangkan yaitu dengan memutar siaran TV. Dengan memutar acar TV tersebut bisa berdampak hilangnya minat anak-anak pada makanan karena mereka terlalu fokus pada cara kesukaan mereka. Hal ini juga berdampak pada ikatan emosional antara bunda dan buah hatinya.

Hindari Memberi Iming-Iming Hadiah Jika Mau Makan

Dengan iming-iming hadiah memang kadangkala bisa memotivasi anak untuk makan. Namun di khawatirkan akan terbentuk mindset bahwa mereka harus mendapat imbalan jika makan. Maka jika tidak ada hadiah makan mereka anak tidak tertarik dengan makanan.

Bagaimana tips hidup sehat untuk anak anda diatas. Butuh kesabaran ketika menghadapi sikap rewel dari sang anak. Karena, cara kita menyikapi sifat dari si buah hati, akan memberikan dampak yang besar di kemudian hari. Namun, tidak ada salahnya jika anda sekali-kali memberikan vitamin dan tetap melakukan konsultasi dengan dokter. Anda juga bisa membaca mengenai Tips Sehat & Kebal Terhadap Semua Penyakit. Selamat beraktivitas.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di http://aribloggermuda.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

agen bola

Arsip Ari Lainnya