Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan, Makan merupakan kebutuhan pokok yang harus kita penuhi sebagai manusia. Namun, ada kalanya kita mengetahui jenis makanan yang sehat dan tidak bagi kita. Pengetahuan dini tentang makanan yang kita konsumsi memang sangat penting. Sebab, hal ini akan mempengaruhi produktivitas orang itu sendiri. Yang akan kita bahas untuk saat ini mengenai Mie. Semua orang tentu mengenal dengan makanan yang satu ini.

Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan


Makanan yang berasal dari China ini memang sudah terkenal di seluruh dunia termasuk Indonesia. Di awal kemunculan mie serba tradisional ini tidak semua orang bisa untuk membuatnya. Akan tetapi, dengan seiring berkembangnya jaman, kini mie bisa dimasak secara instan atau disebut Mie Instan. Sekarang ini, sudah banyak variasi jenis rasa yang disajikan. Hal ini ditujukan agar masyarakat yang mengkonsumsi bisa menyajikannya dengan mudah. Tapi, tahukah anda, jika kita mengkonsumsi mie instan ini secara berlebih akan menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan.

Untuk itu, Ari Blog akan membuka rahasianya disini. Banyak media online yang membahas tentang kandungan yang terdapat didalam mie cepat saji ini. ada yang menyebutkan kalau zat kimia menjadi bagian dari pembuatan makanan ini. padahal, zat kimia tersebut berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini kandungan yang terdapat didalam mie instan dan bahayanya.

Bahaya Mie Instan


Mengandung Lilin

Kandungan lilin terdapat dalam mie instan. Penggunaan lilin itu sendiri agar mie tidak lengket ketika dimasak. Ketika lilin itu sendiri masuk dalam pencernaan kita, butuh waktu 2-3 hari sampai benar-benar terncerna. Untuk itu, mie instan akan berbahaya bila kita memakannya setiap hari.

Mengandung Natrium

Selain lilin, Natrium juga terdapat dalam makanan cepat saji ini. Natrium memiliki efek buruk bagi mereka yang menderita sakit magg dan hipertensi. Untuk sakit magg, Natrium mampu menetralkan lambung sehingga membuat produksi asam lambung bisa berlebihan ketika mencerna. Sedangkan bagi mereka penderita hipertensi, dampak yang mereka rasakan adalah tekanan darah akan meningkat dalam tubuh.

Menyebabkan Kanker
Dalam mie instan mengandung zat styrofoam atau polystyrene dan sudah sangat populer digunakan pada dunia makanan terutama pada kemasan jenis makanan instan. Kedua bahan tersebut diakui oleh WHO sebagai salah satu bahan yang bisa menyebabkan munculnya kanker pada tubuh.

Zat Berbahaya Pada Bumbu Perasa

Zat flavor yang ada dalam mie berfungsi untuk memberikan banyak pilihan rasa seperti bakso, ayam, soto, kari dan lain-lain. Flavor sendiri berasal dari hewani dan nabati. Tapi, kita tidak mengetahui dari zat apa pembuatan flavor itu sendiri. Bisa saja zat tersebut dibuat dari organ yang tidak sehat dan akan berbahaya bila masuk dalam tubuh.

Kandungan MSG

Bumbu penyedap di mie instan terdapat kandungan MSG. Masalah yang dihadapi dalam membuat MSG terletak pada media yang digunakan untuk mengembangkan mikrobal ketika memfermentasikan bahan dasar MSG. Untuk itu, MSG akan berbahaya bila kita mengkonsumsinya.

Penyebab Kegemukan

Salah satu lagi dampak buruk jika terlalu berlebihan mengkonsumsi mie instan lainya yaitu sebagai penyenan kegemukan. Kandungan lemak dan natrium pada mie instan akan berdampak pada terjadinya kegemukan alias obesitas.

Uraian diatas merupakan dampak negatif bila kita sering mengkonsumsi mie instan. Jadi, mulai sekarang bagi anda yang sering makan mie instan, cobalah untuk menguranginya. Alangkah baiknya bila anda mencoba makanan alami. Tapi, bila anda tetap ingin mengkonsumsinya, cobalah cara dibawah ini.

PENTING!!

Tips Memasak Mie Instan

    Masak mie dengan air yang sudah didihkan serta aduk-aduk agar kandungan lilin pada mie larut dalam air.
    Buang air rebusan tersebut dan buat rebusan baru untuk kuah.
    Jangan memasak bumbu mie instan bersamaan dengan mie. Karena bumbu mie yang direbus pada suhu 120 derajat celsius akan mendorong munculnya sel kanker.
    Akan lebih baik lagi jika membuat sendiri bumbu racik untuk mie anda sebagai pengganti bumbu bawaan.
    Jangan mengkonsumsi mie instan setiap hari, saat mengkonsumsi variasikan dengan sayur yang kaya serat.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di http://aribloggermuda.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

agen bola

Arsip Ari Lainnya