Meraih Sukses Dengan Belajar Dari Orang Lain

Meraih Sukses Dengan Belajar Dari Orang Lain, Tidak dipungkiri bahwa orang dalam menjalani hidupnya ingin menjadi seorang yang berhasil. Yang menjadi pertanyaan kita semua, bagaimana cara kita untuk mendapatkan hal tersebut. Banyak jalan dan cara yang bisa anda lakukan untuk menjadi sukses, salah satunya belajar dari orang lain. Orang lain yang telah berhasil, bisa anda jadikan sebagai inspirasi untuk sukses pula. Namun, jangan sampai lupa, lakukan kesuksesan anda dengan cara anda sendiri.

Meraih Sukses Dengan Belajar Dari Orang Lain


Bisa dikatakan, memang terasa sulit bila kita mencoba dan belajar sendiri. Oleh karena itu, dapatkan pengalaman dari orang berhasil untuk langkah anda menuju kesuksesan yang anda inginkan.  Kenapa kita harus mencari sosok seorang yang sukses untuk dijadikan contoh baik untuk kita?

Biasanya Membutuhkan Banyak Waktu. 

Waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari hal tersebut tidaklah singkat, bisa berbulan-bulan atau bahkan sampai bertahun-tahun, dan yang mengecewakan kita gagal dan tidak berhasil. Itu menjadi harga mahal yang harus kita bayar. Lebih baik anda gunakan waktu tersebut untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat.

Menguras Mental.

Jadikan sebuah kegagalan menjadi guru besar anda, namun bukan berarti hal tersebut bisa menyengsarakan diri anda.

Menguras Sumber Daya.

Usaha yang telah dilakukan, bukan hanya akan menghilangkan waktu penting anda, tapi juga akan menguras sumber daya anda, seperti keuangan anda.

Namun, bukan berarti anda harus mengindar dari kegagalan. Dengan cara tersebut, bisa membuat diri anda nantinya akan lebih berhati-hati ketika mengambil tindakan. Sebaliknya, tindakan yang dimaksud adalah anda harus terus berani mengambil resiko sambil meminimalkan kemungkinan kegagalan.

Sehingga, menurut saya menjadi sebuah keharusan untuk bisa belajar dari pengalaman orang lain. Karena, banyak orang diluar sana yang kurang serius dalam belajarnya dikarenakan :

Mereka pikir mereka sudah mengetahui apa yang diperlukan untuk sukses. Oleh karena itu, mereka tidak berpikir perlu untuk belajar dari orang lain, atau mereka melakukannya hanya setengah hati. Itu berbahaya, karena bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun upaya yang sia-sia sebelum mereka menyadari kesalahan mereka.

Belajar dari orang lain membutuhkan waktu. Sebagai contoh, anda mungkin perlu untuk meluangkan waktu untuk membaca buku. Namun waktu itu sendiri adalah investasi yang sangat bernilai. Hal ini dapat menyelamatkan anda dari banyak waktu yang terbuang di kemudian hari.

Belajar dari orang lain harus menjadi prioritas anda. Namun jangan membuat belajar menjadi alasan untuk tidak mengambil tindakan. Apa yang harus anda lakukan adalah belajar secukupnya, mulai mengambil tindakan, dan kemudian terus belajar di mana saja. Karena, Percaya Diri Kunci Sukses Hidup kita.

Sekarang kita telah mengetahui betapa pentingnya, berikut adalah cara Meraih Sukses Dengan Belajar Dari Orang Lain:

1. Membaca

Banyak referensi yang bisa anda dapatkan sekarang ini, salah satunya dari buku. Dengan membaca buku, anda bisa belajar banyak dari orang hebat. Walaupun anda memiliki akses yang terbatas dengan orang tersebut, namun anda memiliki akses yang tidak terbatas dengan pengalaman yang mereka miliki yaitu dengan membaca buku mereka. Kalau dirinya anda merasa menjadi orang yang sibuk, tidak salahnya anda mengingat dengan apa yang dikatakan oleh Jenderal James Mattis kepada sesama perwira militer:

“Jika anda merasa terlalu sibuk untuk membaca, maka masalahnya adalah anda belajar dari pengalaman anda sendiri (atau anggota tim anda) dengan cara yang sulit. Dengan membaca, anda belajar melalui pengalaman orang lain, umumnya cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu hal, khususnya dalam bidang pekerjaan kami di mana konsekuensi dari ketidakmampuan adalah fatal dan mutlak dicamkan bagi para laki-laki muda.
Kita telah berjuang di planet ini selama 5000 tahun dan kita harus mengambil keuntungan dari pengalaman mereka. Mengisi kantong mayat dan menerbangkannya mengingatkan kita pesan moral akan harga dari ketidakmampuan dalam profesi kami.”

Anda mungkin tidak berada di militer, tapi saya percaya prinsip yang sama berlaku: membaca adalah jalan pintas dari belajar sendiri hal-hal dengan cara yang sulit.

2. Mendengarkan audio

Bukan hanya dengan membaca, anda juga bisa memanfaatkan fasilitas audio untuk menambah dan mengkonsumsi informasi. Hal positif yang bisa anda raih adalah mampu melakukan aktivitas sambil mendapat info yang sedang anda cari. Tanpa harus memiliki waktu khusus, anda bisa menyerah info sukses sambil bekerja. 


3. Mencari mentor

Mendapatkan sosok seorang mentor yang baik bukan suatu hal yang gampang, tapi bila anda berhasil mendapatkannya, anda akan bisa melihat peluang masa depan anda menjadi lebih baik. Dengan memiliki mentor, anda dapat melakukan interaksi dengan mentor, sehingga mereka bisa memberikan saran yang baik untuk kondisi yang tengah anda alami.


Terakhir, apapun metode yang anda gunakan untuk belajar dari orang lain, ada satu hal yang harus diperhatikan: menuliskan pelajaran-pelajaran yang anda dapat, karena ini akan membantu mengingatkan anda agar tetap berada pada jalur.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di http://aribloggermuda.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

agen bola

Arsip Ari Lainnya