Manfaat Marah dan Ketawa

Perjalanan hidup akan selalu didatangi problema baik positif maupun negatif. Kita sebagai manusia hanya berusaha untuk menyikapi semua itu dengan dewasa. Banyak hal yang harus kita uraikan ketika kita memiliki sebuah keputusan yang membingungkan. Perilaku yang erat dengan kita adalah bahagia dan sedih, marah dan ketawa. Dibalik itu semua, tersimpan manfaat yang perlu untuk kita ketahui.

Bahagia identik dengan ekspresi ketawa dan kecewa pastinya akan membuat perasaan kita meledak-ledak dan marah. Disini Ari Blog akan sedikit mengulas mengenai manfaat marah dan ketawa untuk hidup kita. Silahkan disimak artikel dibawah ini.

Manfaat Marah
Menurut seorang ahli psikologi, Charles Spielberger, Ph.D, marah merupakan sebuah perilaku normal dan sehat. Hal tersebut merupakan bentuk ekspresi emosi manusia. Marah juga bisa memberikan perubahan psikologis dan biologis. Disaat anda marah, membuat denyut nadi dan tekanan darah meningkat, begitu pula level hormon, adrenalins dan noradrenalin.

Sedangkan menurut konsultan pencegah stres dan kekerasan Mark Gorkin, marah terbagi menjadi empat kategori. Marah disengaja, spontan, konstruktif dan juga marah destruktif. Marah konstruktif merupakan sikap marah yang disertai dengan ancaman terhadap orang lain. Untuk destruktif sendiri marah yang dikeluarkan tanpa rasa bersalah.

Marah menjadi satu bentuk komunikasi. Dengan hal tersebut bisa membuat orang lain paham dengan maksud yang ingin disampaikan ketika seseorang marah. Berbeda pula bentuk marah tergantung dengan kondisi yang membentuknya.

Manusiawi bila kita marah. Namun bila marah tersebut mampu memberikan dampak buruk berarti marah yang tidak dikelola. Tapi, bila anda bisa mengelola marah anda dengan baik, tentu saja ekspresi kemarahan tersebut akan memberikan dampak yang sehat. Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa lebih baik marah dari pada memendam perasaan marah.

Bagaimana marah yang menyehatkan itu? Yakni marah yang beralasan yang bukan karena faktor subjektif semata. Lontarkan kemarahan atau kejengkelan Anda sewajarnya saja. Sampaikan, penyebab utama kejengkelan itu. Bukan marah yang sekadar menuruti emosi yang meledak-ledak, kemudian melampiaskannya melalui kata-kata, ekspresi dan perlakuan yang kasar karena dapat merugikan orang lain. Untuk itu, dalam keadaan marah kita harus mengedepankan rasio. Sehingga kemarahan itu jadi lebih terkendali

Manfaat Tertawa
Semua sudah tahu bahwa tertawa tentu saja sehat. Dengan tertawa akan mampu melepaskan energi positif yang bisa memberikan rangsangan kepada otak untuk melepas pemikiran negatif ataupun rasa depresi yang dialami tubuh. Dengan turunya tingkat depresi yang ada pada tubuh membuat sistem kekebalan tubuh akan meningkat secara otomatis.

Disaat tertawa, tubuh mampu menghasilkan hormon endorphine yang mampu menimbulkan rasa nyaman untuk tubuh. Dengan tertawa dipercaya bisa membuat orang awet muda dan juga meredakan stess.

Dengan tertawa ternyata juga dipercaya mampu menyembuhkan sebuah penyakit yang sedang diderita. Ketika tertawa membuat peredaran darah kita akan semakin lancar, kadar oksigen akan meningkat dalam darah kita. Dan juga bisa membuat tekanan darah menjadi normal.

Tertawa yang sehat adalah yang lepas, gembira dan dilakukan dengan sepenuh hati. Ketika tertawa, otot-otot di sekitar wajah pun mendapatkan stimulasi. Sehingga dapat sekaligus untuk senam wajah, mengendurkan ketegangan otot-otot di wajah.

Bagaimana, apakah anda ingin mencoba beberapa metode diatas. Ternyata kalau kita pelajari banyak juga manfaat marah dan tertawa. Tapi yang penting jangan tertawa sendiri dan marah-marah sendiri. Karena disangka nanti anda kurang waras. Selamat mencoba. Baca juga mengenai Kata Motivasi Mahatma Gandhi.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di http://aribloggermuda.blogspot.com/

1 komentar:

  1. manfaat tertawa dapat membuat seseorang berpikir optimis dan positif terhadap apa yang terjadi, sehingga membuat tubuh merespon melepaskan hormon penyebab stres sehingga meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

    BalasHapus

agen bola

Arsip Ari Lainnya